Jumat, 13 Maret 2009

MODEL PEMBELAJARAN FISIKA

(MODEL PEMBELAJARAN FISIKA)
ENERGI POTENSIAL PEGAS

Oleh : Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd.

A. Tujuan Pembelajaran (Indikator)
Siswa dapat menghitung konstanta gaya pegas
Siswa dapat menghitung energi potensial pegas
B. Alat dan Bahan
Karet dan selembar kertas
Pengait
Statif
Beban
Pegas
Mistar
C. Langkah-langkah KBM
1. Motivasi :
Dua orang siswa diminta untuk memanah dengan menggunakan karet dan kertas sebagai anak panah. Kegiatan tersebut supaya diulang sampai 2 kali. Apa yang terjadi pada kertas ?. Mengapa jarak kertas dua siswa tersebut berlainan ?. Bagaimanakah peranan karet pada kegiatan tersebut ?. Kemudian kepada para siswa ditunjukkan beberapa pegas. Diskusi siswa diarahkan bahwa pada pegas memeliki konstanta gaya pegas dan energi potensial pegas.
2. Masalah :
1. Bagaimanakah cara mengukur konstanta gaya pegas ?
2. Bagaimanakah cara mengukur energi potensial pegas ?
3. Opini :
Siswa diminta mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan permasalahan tersebut !
4. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan 1.
Kepada para siswa dibagikan peralatan yang terdiri dari : statif, pegas, pengait, beban, dan mistar. Kemudian para melakukan kegiatan percobaan
Langkah-langkah percobaan
1) Pegas digantungkan pada statif
2) Gantungkan pengait pada pegas !
3) Ukur panjang pegas mula-mula !
4) Berilah beban pada pengait, dan ukur pertambahan panga pegas (∆x) !
5) Tambahkan beban pada pengait, dan ukur pertambahan panjang pegas (∆x)!
6) Ulangi kegiatan No. 5) dua kali lagi !
7) Catatan beban dan data pertambahan panjang pegas, masukkan ke dalam tabel !
Tabel Pengamatan, menghitung konstanta gaya pegas (k)
(g = percepatan gravitasi = 10 m/s2)

No.Beban (m) F = m g ∆ x k = F/∆x
1. kg N m N/m
2. kg N m N/m
3. kg N m N/m
4. kg N m N/m

Kesimpulan :
1) Harga kontanta pegas (k) adalah ……………………………………
2) Kontanta pega didefisikan sebagai ………………………………….


b. Kegiatan 2
1). Energi potensial gaya pegas dapat dihitung dengan menggunakan persamaan :
Ep = ½ k (∆ x )2 .
2) Berdasarkan data di atas dan hasil perhitungannya, maka dapat disusun tabel
sebagai berikut :.

Tabel pengamatan, menghitung energi potensial pegas

No.Beban (m) F = m.g (∆ x )2 K Ep
1. kg N m2 N/m J
2. kg N m2 N/m J
3. kg N m2 N/m J
4. kg N m2 N/m J

Kesimpulan :
Besar energi potensial pegas bergantung dari :


5. Penguatan atau Pemantapan
Para siswa diminta untuk menyebutkan minimal 5 (lima) benda yang bekerjanya memanfaatkan energi potensial pegas.
Tugas dan Pekerjaan Rumah :
Pada pegas digantungkan beban 200 gram, dan pertambahan panjang pegas sebesar 2 cm. Hitunglah konstanta gaya pegas, dan energi potensial pada pegas !